Total Tayangan Laman

Selasa, 27 November 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran              :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester              :   V/ 1
Materi Pokok                :   Organ Tubuh Manusia
Waktu                           :   15 menit
Standar Kompetensi     :    4. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
Kompetensi Dasar        : 4.1.4 Pencernaan makanan berlangsung di rongga mulut,  kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar poros dan dubur.
Indikator                       : Mengidentifikasi fungsi alat pencernaan makanan pada manusia.


I.      TUJUAN
1.        Setelah mendengarkan ceramah dari guru mengenai fungsi alat pencernaan pada manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi alat pencernaan manusia dengan benar.
2.        Setelah guru memberikan kartu alat pencernaan, siswa dapat menjodohkan kartu tersebut beserta fungsinya dengan benar.
II.      MATERI AJAR
Alat- alat pencernaan pada manusia terdiri dari;
a.       Mulut, di dalam mulut terdapat gigi, lidah dan kelenjar liur yang membantu proses pencernaan yang terjadi di mulut. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan yang dibantu oleh lidah dan ludah. Lidah berfungsi untuk membolak balikan makanan, sedangkan kelenjar liur menghasilkan enzim amilase/ptialin yang berfungsi untuk mencerna amilum (zat tepung) menjadi maltosa.
b.      Kerongkongan, di dalam kerongkongan terdapat gerakan peristaltik yang mendorong makanan untuk membantu menyalurkan makanan tersebut dari rongga mulut ke lambung.
c.       Lambung, di dalam lambung terdapat HCl (asam klorida) yang berguna untuk membunuh bibit penyakit. Lambung berfungsi untuk menghancurkan makanan sampai berbentuk bubur.
d.      Usus halus, usus halus berfungsi untuk menyerap makanan untuk diedarkan ke seluruh tubuh.
e.       Usus besar, berfungsi untuk membusukkan makanan dengan bantuan bakteri pembusuk.
f.       Anus, berfungsi untuk mengeluarkan sisa- sisa makanan dalam bentuk feses.
III.    METODE PEMBELAJARAN 
F Ceramah
F Diskusi
F Tanya jawab
IV.    MODEL PEMBELAJARAN
Picture and picture
V.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.    Kegiatan Awal
v  Apersepsi
F Guru memberi tahu  kepada siswa bahwa materi yang akan dipelajari hari ini melanjutkan materi yang kemarin mengenai nama-nama alat pencernaan manusia, guru bertanya kepada siswa “Apa saja yang termasuk alat pencernaan manusia ?”.
2.      Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
F Guru menanyakan beberapa pertanyaan mengenai fungsi alat pencernaan pada manusia, “Apakah kalian mengetahui fungsi alat-alat pencernaan yang ada pada tubuh manusia ?”.
Ø  Elaborasi
F  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari empat anak.
F  Guru menempelkan gambar alat-alat pencernaan manusia di papan tulis.
F  Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok yang berisi fungsi-fungsi alat pencernaan manusia.
F  Siswa mencocokkan soal di lembar kerja dengan gambar alat pencernaan manusia yang sudah ditempel oleh guru.

Lembar Kerja Siswa

No.
Fungsi organ dan kelenjar
Organ
1.
     Tempat untuk mengunyah makanan.
     Mengandung enzim amilase yang berfungsi untuk mencerna amilum (zat tepung).

2.
Menyerap makanan untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

3.
     Menghancurkan makanan sampai berbentuk bubur.
     Terdapat HCl (asam klorida) yang berguna untuk membunuh bibit penyakit.

4.
Mengeluarkan sisa-sisa makanan dalam bentuk feses.

5.
     Menyalurkan makanan dari rongga mulut ke lambung.
     Terdapat gerakan peristaltik yang mendorong.

6.
Membusukkan makanan dengan bantuan bakteri pembusuk.


Ø  Konfirmasi
F Guru meminta setiap kelompok menukarkan jawaban dengan kelompok lain.
F Guru bersam siswa menyimpulkan.






Rounded Rectangle: Kesimpulan:

Fungsi	Alat pencernaan makanan
Mencerna	–	Mulut
–	Lambung
–	Usus halus
Menyerap 	–	Usus halus
–	Usus besar
Mengangkut 	Seluruhnya 
Mengeluarkan sisa	Anus
 













3.      Penutup
v  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan.
v  Guru memberikan PR.
1.   Sebutkan 3 fungsi lambung !
2.   Sebutkan 2 fungsi kerongkongan !
3.   Sebutkan enzim yang ada di dalam rongga mulut !
4.   Sebutkan alat pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan !
5.   Sebutkan alat pencernaan yang berfungsi untuk menyerap makanan !

VI.        PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi fungsi alat pencernaan makanan pada manusia.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Sebutka 3 fungsi lambung.
o  Sebutkan 2 fungsi kerongkongan.
o  Sebutkan enzim yang ada di dalam rongga mulut.
o  Sebutkan alat pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan.
o  Sebutkan alat pencernaan yang berfungsi untuk menyerap makanan.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

&  PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
·         Semua benar
·         Sebagian besar benar
·         Sebagian kecil benar
·         Semua salah
4
3

2

1

& PERFORMANSI
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.


3.
Pengetahuan



Praktek


Sikap
·         Pengetahuan
·         Kadang-kadang Pengetahuan
·         Tidak Pengetahuan
·         Aktif  Praktek
·         Kadang-kadang aktif
·         Tidak aktif
·         Sikap
·         Kadang-kadang Sikap
·         Tidak Sikap
4
2

1
4
2
1
4
2
1


&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








  CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )  10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

I.            ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Ø  BSE (IPA 5 SALINGTEMAS)
Ø  Gambar alat pencernaan





                                                                                        ............, ......................20 ...

Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                               Guru Mapel IPA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar