Total Tayangan Halaman

Selasa, 27 November 2012


PENGEMBANGAN KONSEP DASAR IPA
RENCANA PEAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Disusun oleh           :
Hesti Wahyu Amaliya                292010062
Noviasih                                       292010089
Kelas           : RS10C


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan                 :
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester                     : V / II
Materi Pokok                          : Benda Gelap, Benda Bening dan Benda Keruh
Jumlah Pertemuan                  : 15 menit
Standar Kompetensi                : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat              suatu karya/model.
Kompetensi Dasar                   : 6.1. Mendeskripsi-kan sifat-sifat cahaya.
Indikator                                 : Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).

I.            TUJUAN
1.      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan benda yang ditembus dan benda yang tidak dapat ditembus cahaya dengan benar.
2.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menunjukkan perbedaan benda bening, gelap dan keruh dengan benar.
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan pengertian benda bening, benda gelap dan benda keruh dengan benar.

II.            MATERI AJAR
Berdasarkan bisa atau tidaknya ditembus cahaya, benda dapat dibedakan menjadi benda bening, benda gelap dan benda keruh. Benda bening adalah benda yang dapat ditembus cahaya. Contoh benda bening adalah kaca. Sedangkan benda gelap adalah benda yang tidak dapat ditembus cahaya. Benda gelap apabila dikenai cahaya akan membentuk bayangan. Contoh benda yang tidak dapat ditembus cahaya adalah karton, triplek, kayu, dan tembok.
                                                                            
III.            METODE PEMBELAJARAN

F Percobaan ( eksperimen )
F tanya jawab
F diskusi
                
IV.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.        Kegiatan Awal
v  Apersepsi
F Guru memberi tahu kepada siswa bahwa materi yang akan di pelajari hari ini melanjutkan materi yang kemarin.
F Guru menunjuk salah satu siswa untuk maju ke depan dan bertanya kepada siswa yang lain, “ apa yang tampak di sekitar tubuh teman kalian? ”

2.        Kegiatan Inti
Ø  Ekplorasi
F Guru bertanya kepada siswa “ apa perbedaan bayangan dan bayang - bayang ? ”.
Bayangan adalah wujud benda yang menyerupai benda aslinya.
Bayang-bayang adalah wujud hitam di belakang benda yang terjadi karena cahaya tidak dapat menembus benda gelap.
F Guru bertanya kepada siswa “ mengapa di belakang tubuh teman kalian terdapat bayang – bayang ? ”.
Ø  Elaborasi
F Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari empat anak.
F Siswa bersama kelompok melakukan eksperimen mengenai benda bening dan benda gelap.
F Setelah melakukan eksperimen siswa bersama kelompoknya diminta untuk membuat laporan hasil eksperimen dan diskusi.
F Eksperimen dilakukan dengan bantuan cahaya dari senter atau cahaya lampu yang ada di ruang kelas.

Tabel Tugas  Kelompok : Pengamatan terhadap benda bening, benda gelap dan benda keruh.
No.

Nama Benda
Yang Terjadi pada Benda
Dapat Ditembus Cahaya
Cahaya yang Menembus Tidak Jelas
Tidak Dapat Ditembus Cahaya
1.
Plastik bening



2.
Karton hitam



3.
Triplek/papan



4.
Gelas berisi air jernih



5.
Buku



6.
Tisu



7.
Gelas berisi air keruh/air sabun



Kesimpulan :
Nama Kelompok :


KESIMPULAN:
·         Benda yang dapat di tembus cahaya disebut benda bening.
·         Benda yang tidak dapat di tembus cahaya disebut benda gelap.
·         Benda yang dapat ditembus cahaya tetapi samar – samar disebut benda keruh.

 







Ø  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

3.        Kegiatan Penutup
v  Pemberian tugas atau PR

Tabel Tugas Individu : Sebutkan masing-masing 5 contoh benda bening, benda gelap dan benda keruh yang ada di rumah.
No.
Benda Gelap
Benda Bening
Benda Keruh
1.



2.



3.



4.



5.





V.            PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening,  gelap dan keruh).
o  Sebutkan 5 contoh benda bening.
o  Sebutkan 5 contoh benda gelap.
o  Sebutkan 5 contoh benda keruh.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

&  PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
·         Semua benar
·         Sebagian besar benar
·         Sebagian kecil benar
·         Semua salah
4
3

2

1


& PERFORMANSI
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.


3.
Pengetahuan



Praktek


Sikap
·         Pengetahuan
·         Kadang-kadang Pengetahuan
·         Tidak Pengetahuan
·         Aktif  Praktek
·         Kadang-kadang aktif
·         Tidak aktif
·         Sikap
·         Kadang-kadang Sikap
·         Tidak Sikap
4
2

1
4
2
1
4
2
1






&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








  CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )  10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

VI.            ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Ø  BSE (IPA 5 SALINGTEMAS)
Ø  Plastik bening ( tidak berwarna)
Ø  Karton
Ø  Triplek/papan
Ø  Gelas kosong
Ø  Gelas berisi air jernih
Ø  Buku
Ø  Tisu
Ø  Gelas berisi air keruh/air sabun
Ø  Sendok





                                                                                        ............, ......................20 ...





Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                               Guru Mapel IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar