PENGEMBANGAN
KONSEP DASAR IPA
RENCANA
PEAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun oleh :
Hesti Wahyu Amaliya 292010062
Noviasih 292010089
Kelas : RS10C
PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas
/ Semester : V / II
Materi
Pokok : Benda
Gelap, Benda Bening dan Benda Keruh
Jumlah
Pertemuan : 15 menit
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan sifat-sifat
cahaya melalui kegiatan membuat
suatu karya/model.
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendeskripsi-kan
sifat-sifat cahaya.
Indikator :
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna,
dan gelap).
I.
TUJUAN
1. Setelah
melakukan percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan benda yang ditembus dan
benda yang tidak dapat ditembus cahaya dengan benar.
2. Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menunjukkan perbedaan benda bening, gelap dan
keruh dengan benar.
3. Setelah
melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan pengertian benda bening, benda
gelap dan benda keruh dengan benar.
II.
MATERI
AJAR
Berdasarkan
bisa atau tidaknya ditembus cahaya, benda dapat dibedakan menjadi benda bening,
benda gelap dan benda keruh. Benda bening adalah benda yang dapat ditembus
cahaya. Contoh benda bening adalah kaca. Sedangkan benda gelap adalah benda
yang tidak dapat ditembus cahaya. Benda gelap apabila dikenai cahaya akan
membentuk bayangan. Contoh benda yang tidak dapat ditembus cahaya adalah
karton, triplek, kayu, dan tembok.
III.
METODE
PEMBELAJARAN
F Percobaan
( eksperimen )
F tanya
jawab
F diskusi
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal
v Apersepsi
F Guru
memberi tahu kepada siswa bahwa materi yang akan di pelajari hari ini
melanjutkan materi yang kemarin.
F Guru
menunjuk salah satu siswa untuk maju ke depan dan bertanya kepada siswa yang
lain, “ apa yang tampak di sekitar tubuh teman kalian? ”
2.
Kegiatan
Inti
Ø Ekplorasi
F Guru bertanya kepada siswa “ apa perbedaan
bayangan dan bayang - bayang ? ”.
Bayangan
adalah wujud benda yang menyerupai benda aslinya.
Bayang-bayang
adalah wujud hitam di belakang benda yang terjadi karena cahaya tidak dapat
menembus benda gelap.
F Guru bertanya kepada siswa “ mengapa di
belakang tubuh teman kalian terdapat bayang – bayang ? ”.
Ø Elaborasi
F Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari empat anak.
F Siswa bersama kelompok melakukan
eksperimen mengenai benda bening dan benda gelap.
F Setelah melakukan eksperimen siswa bersama
kelompoknya diminta untuk membuat laporan hasil eksperimen dan diskusi.
F Eksperimen
dilakukan dengan bantuan cahaya dari senter atau cahaya lampu yang ada di ruang
kelas.
Tabel Tugas
Kelompok : Pengamatan terhadap benda bening, benda gelap dan benda
keruh.
No.
|
Nama
Benda
|
Yang
Terjadi pada Benda
|
||
Dapat
Ditembus Cahaya
|
Cahaya
yang Menembus Tidak Jelas
|
Tidak
Dapat Ditembus Cahaya
|
||
1.
|
Plastik
bening
|
|||
2.
|
Karton
hitam
|
|||
3.
|
Triplek/papan
|
|||
4.
|
Gelas
berisi air jernih
|
|||
5.
|
Buku
|
|||
6.
|
Tisu
|
|||
7.
|
Gelas
berisi air keruh/air sabun
|
|||
Kesimpulan :
|
||||
Nama Kelompok :
|
KESIMPULAN:
·
Benda
yang dapat di tembus cahaya disebut benda bening.
·
Benda
yang tidak dapat di tembus cahaya disebut benda gelap.
·
Benda
yang dapat ditembus cahaya tetapi samar – samar disebut benda keruh.
|
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan
Penutup
v Pemberian tugas atau PR
Tabel
Tugas Individu : Sebutkan masing-masing 5 contoh benda bening, benda gelap dan
benda keruh yang ada di rumah.
No.
|
Benda
Gelap
|
Benda
Bening
|
Benda
Keruh
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
V.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai
berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah sifat cahaya yang mengenai
berbagai benda (bening, gelap dan
keruh).
o Sebutkan 5 contoh benda bening.
o Sebutkan 5 contoh benda gelap.
o Sebutkan 5 contoh benda keruh.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK (
HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
·
Pengetahuan
·
Kadang-kadang Pengetahuan
·
Tidak Pengetahuan
·
Aktif Praktek
·
Kadang-kadang aktif
·
Tidak aktif
·
Sikap
·
Kadang-kadang Sikap
·
Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
VI.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Ø BSE
(IPA 5 SALINGTEMAS)
Ø Plastik
bening ( tidak berwarna)
Ø Karton
Ø Triplek/papan
Ø Gelas
kosong
Ø Gelas
berisi air jernih
Ø Buku
Ø Tisu
Ø Gelas
berisi air keruh/air sabun
Ø Sendok
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar