Total Tayangan Laman

Sabtu, 11 Februari 2012

Filsafat Ilmu................


Mengerti Berarti Memaafkan Segalanya

Marah, benci dan dendam terjadi karena adanya emosi yang tidak dapat dikendalikan. Itu semua merupakan salah satu penyakit hati yang dimiliki oleh manusia. Namun penyakit hati itu dapat disembuhkan dengan satu obat yang mudah untuk dilakukan, yaitu maaf. Meminta maaf dan memaafkan itu memang mudah, tapi hal tersulitnya adalah dalam mengakui kesalahan. Dengan jujur dan saling mengakui kesalahan, permasalahan sesulit apapun pasti akan mudah diselesaikan. Dengan memaafkan berarti kita telah bisa melupakan kesalahan yang diperbuat oleh orang lain dan mengerti kenapa permasalahan  bisa terjadi serta kenapa orang itu berbuat kesalahan yang membuat kita marah. Dengan mengerti, kita akan dengan mudah memaafkan. Sedangkan orang yang sulit memaafkan berarti dia tidak dapat mengerti. Sebuah pengertian yang mendalam sangat dibutuhkan dalam memaafkan.
Mengerti berarti memaafkan segalanya adalah cara untuk memahami secara mendalam suatu permasalahan sebelum memutuskan. Selain itu, hal ini juga mengandung pengertian bahwa dalam hidup ini kita harus bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan orang lain. Mengerti berarti memaafkan segalanya dapat dikaitkan dengan pengetahuan. Karena mengerti itu membutuhkan pengetahuan yang cukup dan menunjang mengenai permasalahan tersebut agar bisa memaafkan. Memaafkan bukan hanya untuk kesalahan namun juga untuk kekurangan.
Mengerti dalam memaafkan juga dapat dijelaskan dengan mengerti apa yang kamu rasakan dan juga mengerti perasaan orang yang telah menyakitimu. Dengan begitu maaf dan memaafkan dapat diakukan tanpa harus menyakiti salah satu pihak.
Itu semua adalah pengertian “Mengerti Berarti Memaafkan Segalanya” dalam kehidupan manusia yang sering terjadi dan kita alami. Sedangkan dalam ilmu, mengerti berarti memaafkan segalanya merupakan suatu pemahaman yang mendalam tentang ilmu dan dapat dikaitkan dengan memaafkan segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada ilmu. Dengan begitu pemahaman mengenai ilmu akan dapat dimiliki oleh semua orang, baik orang yang mengetahui apa itu ilmu dan orang yang tidak mengetahui apa itu ilmu.
Mengerti berarti memaafkan segalanya dalam pengertian ilmu diharapkan untuk tidak akan terjadi karancuan terhadap penjelasan mengenai ilmu. Contohnya pada orang yang sebelumnya mengerti tentang ilmu akan menjadi lebih paham, begitu juga orang yang tidak mengetahui dan tidak memahami ilmu dengan baik akan menjadi tahu dan memahami tentang ilmu.
Ilmu itu tidaklah selalu benar, namun ilmu itu dapat dibenarkan. Sesuatu yang tidak benar itu harus dimengerti agar dapat dimaafkan. Yang dimaksud adalah memaafkan ketidakbenaran ilmu tersebut agar menjadi benar dan dapat diterima oleh  semua kalangan. Namun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala, salah satunya adalah adanya marah dan tidak percaya.
Ilmu itu harus dipahami terlebih dahulu hakikatnya agar kita tahu apa-apa saja yang mendasari ilmu. Setelah kita memahami hakikat ilmu, kita dapat mengapresiasikannya kedalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa lebih paham lagi. Dengan mengapresiasikan ilmu, kita bisa tahu kelebihan dan kekuranngan ilmu. Barulah yang terakhir kita dapat menerima kekurangan-kekuranngan ilmu tersebut dan pada akhirnya kita dapat memaafkan kekurangan yang dimilikinya.
Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa “Mengerti Berarti Memaafkan Segalanya” dapat dikaitkan dengan ilmu maupun kehidupan sehari-hari. Pepatah tersebut memang cocok untuk digunakan dalam penjelasan secara mendalam mengenai ilmu dan maaf-memaafkan. Dengan mengerti kita akan lebih mudah dalam memaafkan dan memahami segalanya serta lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar