Total Tayangan Laman

Kamis, 05 April 2012


 PENDIDIKAN IPA SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Disusun oleh  :
Nama         : Noviasih
NIM           : 292010089
Kelas         : RS10C     



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan                   : 
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester                     : VI / 1
Materi Pokok                          : Konduktor dan Isolator Panas
Alokasi Waktu                       : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar Kompetensi               : 4.  Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda.
Kompetensi Dasar                  : 4.1 Membandingkan sifat kemampuan menghatarkan panas dari berbagai benda.
 4.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan  sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.
Indikator                                : 4.1.1    Mengelompokkan beberapa contoh benda yang memiliki sifat dapat atau tidak dapat menghantarkan panas.
4.2.1    Mengidentifikasi beberapa contoh benda penghantar panas yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

I.               TUJUAN                    
1.       Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat membedakan pengertian konduktor dan isolator panas dengan benar.
2.       Setelah melakukan diskusi siswa dapat menggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator dengan benar.
3.       Setelah melakukan percobaan siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan panas dengan benar.
4.       Setelah melakukan percobaan siswa dapat menyebutkan bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator dengan benar.

II.               METODE PEMBELAJARAN        
Ceramah, tanya jawab, pengamatan (percobaan), diskusi, penugasan.

III.               MATERI PEMBELAJARAN
Konduktor dan Isolator Panas

A.           Benda Konduktor dan Isolator Panas
Berdasarkan sifat menghantarkan panas, benda dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu konduktor dan isolator. Benda konduktori adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda ini bila terkena api, air panas, atau sinar matahari di  salah satu bagian dapat meneruskan ke bagian yang lainnya. Sebaliknya, benda isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda ini bila terkena api, air panas, atau sinar matahari di salah satu bagiannya tidak dapat atau lambat meneruskan ke bagian lainnya.
B.            Bahan untuk Membuat Konduktor dan Isolator Panas
Benda-benda seperti panci, sendok, garpu, dan pisau terbuat dari bahan logam. Benda-benda seperti meja, kursi, lemari, dan telenan terbuat dari bahan kayu. Benda-benda seperti piring dan gelas terbuat dari bahan kaca. Sedangkan benda-benda seperti ember dan gelas plastik terbuat dari bahan plastik. Berikut pembahasan yang lebih lanjut mengenai bahan-bahan tersebut :
1.        Logam
Logam memiliki sifat mudah menghantarkan panas. Jadi, logam merupakan konduktor panas. Hal ini bisa dibuktikan dengan memasukkan sendok dan paku ke dalam air panas. Tak lama kemudian, sendok dan paku terasa panas. Karena bersifat konduktor serta keras, maka logam digunakan untuk membuat setrika, wajan, dan ceret. Dengan menggunakan logam, maka benda-benda ini dapat menghantarkan panas yang berasal dari api dengan cepat. Selanjutnya, panas tersebut dihantarkan ke pakaian yang disetrika, air, atau makanan yang dimasak.
2.        Kaca
Sifat menghantarkan panas tidak hanya dimiliki oleh logam. Kaca pun tergolong bahan konduktor. Hal ini dapat dibuktikan dengan menuangkan air panas ke dalam gelas. Gelas akan terasa panas. Meskipun kaca tergolong bahan konduktor, namun sifat ini tidak sebaik logam. Sifat kaca yang banyak dimanfaatkan adalah sifat tembus pandang (bening) dan keras. Kedua sifat kaca ini digunakan pada pembuatan pintu dan jendela. 
3.        Kayu dan Plastik
Kayu dan plastik merupakan bahan yang lambat menghantarkan panas. Dengan kata lain, kayu dan plastik tergolong isolator. Karena bersifat isolator, maka kayu dan plastik digunakan untuk membuat pegangan (gagang) payung, gagang setrika, gagang wajan, tatakan geas, dan tatakan piring. Gagang payung terbuat dari bahan kayu atau plastik sehingga tidak mudah menghantarkan panas yang berasal dari sinar matahari. Gagang setrika dan gagang wajan biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Karena terbuat dari bahan isolator, maka gagang sertika dan wajan bisa kita pegang langsung dengan tangan tanpa melukai. Demikian pula tatakan mangkuk dan tatakan gelas. Kedua benda ini digunakan untuk mencegah panas berpindah dari gelas atau mangkuk yang berisi air panas ke meja. Dengan demikian, meja bisa terhindar dari kerusakan.
Ada beberapa peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator sekaligus. Kedua bahan ini dipasang pada benda yang sama. Berikut ini alat rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator sekaligus :
a.        Setrika
Setrika memiliki bagian yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Bahan konduktor yaitu, logam digunakan untuk membuat bagian dasar dari setrika. Karena terbuat dari bahan konduktor, maka setrika dapat menghantarkan panas dari sumber panas, misalnya bara api atau listrik, ke pakaian yang sedang disetrika. Sementara itu, gagang setrika terbuat dari bahan isolator, yaitu kayu atau plastik. Karena terbuat dari bahan isolator, maka gagang setrika tidak terasa panas sewaktu kita memegangnya. Dengan demikian, setrika dapat digunakan dengan aman.
b.        Alat Patri
Alat patri juga memiliki bagian yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Alat ini digunakan untuk mematri atau menambal panci yang bocor. Bahan konduktor digunakan untuk membuat batang alat patri, sedangkan bahan isolator digunakan untuk membuat gagangnya. Ketika hendak digunakan ujung batang alat patr mula-mula dipanaskan pada api. Setelah dipanaskan beberapa lama, alat patri diangkat. Ujung batang yang panas ini digunakan untuk melelehkan timah yang akan menutup kebocoran pada panci.
c.         Alat Memasak
Pada mulanya semua bagian wajan terbuat dari logam, terutama alumunium. Ketika memasak atau menggoreng makanan, misalnya nasi goreng, wajan itu harus dapat diputar-putar. Tentu saja tidak mungkin memutar wajan yang terbuat dari logam karena sangat panas. Sebenarnya penjual nasi goreng dapat menggunakan kain yang tebal untuk memegang wajan. Namun, tangan orang itu tidak akan sanggup menahan panas api kompor berlama-lama. Oleh karena itu, penjual makanan biasanya menambahkan gagang yang terbuat dari kayu. Dengan adanya gagang yang cukup panjang, maka sodet dapat memasak dengan nyaman.
Amati juga sudip, yaitu sendok panjang untuk membolak-balik makanan di wajan. Ujung sudip biasanya dibuat dari isolator panas. Misalnya, kayu atau plastik tahan panas. Adapun sudip yang seluruh bagiannya terbuat dari isolator, misalnya sodet (sudip) kayu.

IV.               LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Menyiapkan secara fisik dan psikis
v  Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v  Guru melakukan persensi siswa.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v  Siswa diberikan apersepsi dengan bertanya
“Pada saat memasak air pada panci, apa yang terjadi pada pancinya ?”
“Saat kalian menyetrika baju, apa yang kalian rasakan saat memegang bajunya ?”
v  Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.

B.     Kegiatan Inti (45 menit)
1.      Eksplorasi
a.       Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik/tema secara luas.
·      Guru melakukan demonstrasi dengan cara memasukkan sebuah sendok ke dalam segelas air panas, lalu meminta siswa mengamati apa yang terjadi pada sendok tersebut.
·      Siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangku dan menjelaskan apa yang terjadi pada sendok tersebut.
b.      Menggunakan berbagai pendekatan, media dan sumber.
·      Bersama teman sebangku, siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang berkaitan dengan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan yang tidak dapat menghantarkan panas (kompor, korek api, lilin, lampu, kayu, plastik dll), lalu diadakan tanya jawab tentang gambar. Misalnya “Benda-benda apa saja yanng dapat menghantarkan panas ?”
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta  antar peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
·      Guru meminta setiap kelompok pasangan menyebutkan benda-benda yang tergolong konduktor dan isolator panas serta menjelaskan penngertian konduktor dan isolator panas.
d.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
·      Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
2.      Elaborasi
a.       Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam.
·      Siswa diminta menuliskan benda-benda yang tergolong konduktor dan isolator panas serta menjelaskan penngertian konduktor dan isolator panas.
b.      Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain.
·      Guru membagi kelas kedalam kelompok–kelompok kecil yang berjumlah 4-5 anggota.
·      Tempat duduk diatur berkelompok agar siswa lebih leluasa dalam berdiskusi dengan kelompoknya serta tercipta suasana yang menyenangkan dan tidak kaku.
·      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan kelompok.
c.       Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah.
·      Bersama kelompok, siswa diminta melakukan percobaan tentang benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan yang tidak dapat menghantarkan panas serta berdiskusi tentang benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
·      Siswa diminta untuk selalu bekerjasama antar sesama anggota kelompok dalam berdiskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.
e.       Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat.
·      Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain saat berdiskusi dan pengerjaan tugas.
·      Bersama kelompok siswa diminta untuk adu pendapat (bertukar pikiran) dengan kelompok lain mengenai masalah yang didiskusikan tanpa saling menjatuhkan.
f.       Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu/kelompok.
·      Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil percobaan pada Lembar Kerja Siswa yang telah diberikan oleh guru serta menuliskan hasil diskusi kelompok dan adu pendapat (bertukar pikiran) dengan kelompok lain pada selembar kertas.
g.      Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu/kelompok.
·      Siswa diminta membuat laporan mengenai benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan yang tidak dapat menghantarkan panas serta berdiskusi tentang benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
h.      Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri.
·      Guru memberi motivasi kepada siswa agar bangga dan selalu percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya.
·      Guru memotivasi siswa untuk selalu percaya diri dan berani dalam mengutarakan pendapatnya.

3.      Konfirmasi
a.       Guru memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
·      Guru memberikan ucapan selamat kepada kelompok yang hasil diskusi kelompoknya paling benar dan kelompok yang paling berani dalam mengutarakan pendapatnya dalam adu pendapat dengan kelompok lain, serta memberikan semangat kepada kelompok lain yang hasil diskusi dan keberanian dalam mengutarakan pendapatnya kurang maksimal.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi.
·      Guru dan siswa bersama-sama menegaskan dan menyimpulkan tentang pengertian konduktor dan isolator panas, penggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator, benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan panas serta bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator.
c.       Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan.
·      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang baik. Lalu siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga kelompok yang hasilnya kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran yang berikutnya.
·      Siswa diminta memberi pendapat tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat memperbaiki proses pembelajaran agar lebih baik lagi.
d.      Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami tentang konduktor dan isolator panas.
·      Guru membantu persoalan/kesulitan yang dihadapi siswa terutama tentang konduktor dan isolator panas.
·      Siswa diberi motivasi agar tidak pasif, percaya diri dan berani dalam mengutarakan pendapatnya pada saat kegiatan belajar mengajar.

C.     Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Bersama – sama dengan siswa/sendiri membuat rangkuman
v  Guru bersama–sama dengan siswa membuat rangkuman tentang pengertian konduktor dan isolator panas, penggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator, benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan panas serta bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator.
2.      Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v  Siswa mengerjakan soal evaluasi.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v  Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v  Bagi siswa yang belum mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5.      Guru menginformasikan materi pelajaran pada minggu depan.

V.               ALAT DAN SUMBER BELAJAR 
-        Buku SAINS Untuk Sekolah Dasar Kelas VI (Penerbit: Erlangga).
-        Lilin
-              Korek api
-              Lidi
-              Kawat
-              Sendok logam
-              Sendok plastik
-              Pensil
-              Ranting kayu

VI.               PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian dalam proses (pengamatan)
b.      Klasikal Post Test
c.       Penugasan
2.      Jenis Tes
a.       Unjuk Kerja
b.      Tes tertulis
3.      Bentuk Tes
├ś                     Lembar Kerja Siswa
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas VI

Judul/Topik                    : Benda Konduktor dan Isolator Panas
Tujuan                        : 3.   Setelah melakukan percobaan tentang siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan panas dengan benar.
                                  4.     Setelah melakukan percobaan siswa dapat menyebutkan bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator dengan benar.
Hari/Tanggal                 :
Nama                            :

Langkah kerja               :
·         Lakukan percobaan berikut :
a.           Bahan              : Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu.
b.           Cara Kerja       : 1)    Nyalakan lilin dengan korek api. Lakukan kegiatan ini dengan sangat hati-hati.
2)    Dekatkan ujung lidi ke api lilin selama kira-kira 10 detik. Bila tangan mu mulai terasa panas, singkirkan benda itu dari api.
3)    Dekatkan pula kawat, sendok logam, sendok plastik dan ranting kayu.
4)    Catatlah ke dalam tabel di bawah ini mengenai apa yang kamu rasakan. Bila tangan mu terasa panas, berilah tanda  pada kolom Panas. Sebaliknya, bila tangan mu tidak terasa panas, berilah tanda  pada kolom Tidak Panas.

No.
Benda
Panas
Tidak Panas
1.



2.



3.



4.



5.



6.



7.



8.







UJI KOMPETENSI

I.       Berilah tanda silang (c) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap paling benar !
1.    Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut... .
a.       Isolator
b.      Generator
c.       Konduktor
d.      Reduktor
2.    Perhatikan data di bawah ini :
1.  Sendok logam
2.  Kayu
3.  Pisau
4.  Plastik              
Benda-benda di atas yang bersifat isolator adalah... .
a.    1 dan 3
b.   1 dan 2
c.    3 dan 4
d.   2 dan 4
3.    Benda-benda yang tergolong konduktor mudah kita jumpai. Benda berikut yang termasuk konduktor adalah... .
a.    Wajan
b.   Sendok plastik
c.    Kayu
d.   Kain
4.    Setrika memiliki bagian  yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Bahan dasar pada setrika terbuat dari... .
a.    Kayu
b.   Plastik
c.    Logam
d.   Kaca
5.    Pada saat siang hari tiang bendera yang ada di lapangan upacara akan terasa panas, itu dikarenakan tiang bendera terbuat dari... .
a.    Logam
b.   Kayu
c.    Plastik
d.   Kaca
6.    Sudip adalah sendok panjang untuk membolak-balik makanan di wajan. Ujung sudip terbuat dari... .
a.       Kaca
b.      Kayu
c.       Logam
d.      Marmer
7.    Benda-benda yang termasuk isolator mudah kita jumpai di sekitar kita. Berikut ini benda yang bukan isolator adalah... .
a.       Kaca
b.      Gagang setrika
c.       Tatakan gelas
d.      Tatakan piring
8.    Logam merupakan konduktor panas karena dapat menghantarkan panas. Berikut ini benda yang bahan bakunya terbuat dari logam adalah... .
a.       Cermin
b.      Tatakan piring
c.       Kursi kayu
d.      Wajan
9.    Ada beberapa alat rumah tangga yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator sekaligus. Kedua benda ini dipasang pada benda yang sama. Benda yang menggunakan bahan konduktor dan isolator sekaligus adalah... .
a.       Setrika
b.      Kaca
c.       Logam
d.      Gelas

10.    Perhatikan data di bawah ini :   

  1.  Baju                              4.  Buku
  2.  Paku                             5.  Wajan
  3.  Sendok plastik              6.  Telenan

Benda-benda di atas yang termasuk konduktor adalah... .
a.       1-3
b.      2-5
c.       3-6
d.      2-4          

II.       Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !     
1.    Benda yang dapat atau cepat menghantar panas disebut... .
2.    Gagang alat patri terbuat dari bahan... .
3.    Setrika merupakan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan...dan... .
4.    Kaca merupakan bahan yang mudah menghantarkan... .
5.    Ceret merupakan benda yang terbuat dari... .

III.    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan isolator panas ?
Jawab  :
2.      Tuliskan kegunaan alat patri !
Jawab  :
3.      Sebutkan 3 contoh benda yang bersifat konduktor !
Jawab  :
4.      Apa yang dimaksud dengan konduktor ?
Jawab  :
5.      Tuliskan dan jelaskan komponen-komponen pada setrika !
Jawab  :

4.        Kunci Jawaban
a.       Pilihan ganda

1.      a
2.      d
3.      a
4.      c
5.      a
6.      c
7.      a
8.      d
9.      a
10.  b


b.      Isian

1.      Konduktor
2.      Isolator
3.      Konduktor dan isolator
4.      Panas
5.      Logam  

c.       Uraian
1.      Isolator panas adalah benda yang tidak dapat atau lambat menghantarkan panas.
2.      Alat patri digunakan untuk mematri atau menambal panci yang bocor.
3.      Sendok logam, wajan, paku.
4.      Konduktor adalah benda yang dapat atau cepat menghantarkan panas.
5.      Bagian dasar setrika terbuat dari bahan konduktor yaitu logam, sedangkan gagang setrika terbuat dari bahan isolator yaitu kayu atau plastik.
5.    Pedoman penilaian
-Pilihan ganda          : B x 1 = 10
-Isian                        : B x 4 = 20
-Uraian                     : B x 6 = 30
                                                  +
Nilai                   :              50 x 2 = 100

VII.                   TINDAK LANJUT
a.       Perbaikan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.      Sebutkan 5 contoh  peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan isolator dan konduktor sekaligus !
2.      Jelaskan bagian-bagian yang terbuat dari konduktor dan isolator pada alat patri !
3.      Sebutkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat benda bersifat konduktor dan isolator  !
b.      Pengayaan
1.      Sebutkan kegunaan tatakan mangkuk dan tatakan gelas yang diletakkan di atas meja !
2.      Sebutkan 5 contoh benda yang bersifat isolator  !
3.      Mengapa panci dan wajan yang digunakan untuk memasak terbuat dari logam ?
Salatiga,..................................
Mengetahui                                                                          Guru Kelas VI



                                                                                                     Noviasih
                                                                                                          292010089
















LEMBAR PENGAMATAN

BentukPenilaian            : Unjuk Kerja
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kompetensi Dasar        : 4.1 Membandingkan sifat kemampuan menghatarkan panas dari berbagai benda.
Kelas/Semester             : VI / 1
Hari/Tanggal                 :
No.
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keberanian
Inisiatif
Kerjasama
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.






11.






12.






13.






14.






15.






16.






17.






18.






19.






20.






21.






22.






23.






24.






25.






26.






27.






28.






29.






30.










         





























Indikator Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang sekali
         (skor perolehan:skor maksimal) x 100

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar