PENDIDIKAN IPA
SD
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun oleh :
Nama : Noviasih
NIM : 292010089
Kelas : RS10C
PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas
/ Semester : VI / 1
Materi
Pokok : Konduktor
dan Isolator Panas
Alokasi
Waktu : 1 x
Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar
Kompetensi : 4. Memahami
saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda.
Kompetensi Dasar : 4.1 Membandingkan sifat kemampuan menghatarkan panas
dari berbagai benda.
4.2
Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas.
Indikator : 4.1.1 Mengelompokkan beberapa contoh benda yang
memiliki sifat dapat atau tidak dapat menghantarkan panas.
4.2.1 Mengidentifikasi beberapa contoh benda
penghantar panas yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
I.
TUJUAN
1. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru, siswa dapat membedakan pengertian konduktor dan isolator panas dengan
benar.
2. Setelah melakukan diskusi siswa dapat
menggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator dengan benar.
3. Setelah melakukan percobaan siswa dapat
menyebutkan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat
menghantarkan panas dengan benar.
4. Setelah melakukan percobaan siswa dapat
menyebutkan bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator
dengan benar.
II.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah,
tanya jawab, pengamatan (percobaan), diskusi, penugasan.
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
Konduktor dan
Isolator Panas
A.
Benda Konduktor dan Isolator Panas
Berdasarkan sifat menghantarkan panas, benda dapat
dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu konduktor dan isolator. Benda konduktori adalah benda yang dapat
menghantarkan panas dengan baik. Benda ini bila terkena api, air panas, atau
sinar matahari di salah satu bagian
dapat meneruskan ke bagian yang lainnya. Sebaliknya, benda isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas
dengan baik. Benda ini bila terkena api, air panas, atau sinar matahari di
salah satu bagiannya tidak dapat atau lambat meneruskan ke bagian lainnya.
B.
Bahan untuk Membuat Konduktor dan Isolator Panas
Benda-benda seperti panci, sendok, garpu, dan pisau
terbuat dari bahan logam. Benda-benda seperti meja, kursi, lemari, dan telenan
terbuat dari bahan kayu. Benda-benda seperti piring dan gelas terbuat dari
bahan kaca. Sedangkan benda-benda seperti ember dan gelas plastik terbuat dari
bahan plastik. Berikut pembahasan yang lebih lanjut mengenai bahan-bahan
tersebut :
1.
Logam
Logam memiliki sifat mudah menghantarkan panas.
Jadi, logam merupakan konduktor panas. Hal ini bisa dibuktikan dengan
memasukkan sendok dan paku ke dalam air panas. Tak lama kemudian, sendok dan
paku terasa panas. Karena bersifat konduktor serta keras, maka logam digunakan
untuk membuat setrika, wajan, dan ceret. Dengan menggunakan logam, maka
benda-benda ini dapat menghantarkan panas yang berasal dari api dengan cepat.
Selanjutnya, panas tersebut dihantarkan ke pakaian yang disetrika, air, atau
makanan yang dimasak.
2.
Kaca
Sifat menghantarkan panas tidak hanya dimiliki oleh
logam. Kaca pun tergolong bahan konduktor. Hal ini dapat dibuktikan dengan
menuangkan air panas ke dalam gelas. Gelas akan terasa panas. Meskipun kaca
tergolong bahan konduktor, namun sifat ini tidak sebaik logam. Sifat kaca yang
banyak dimanfaatkan adalah sifat tembus pandang (bening) dan keras. Kedua sifat
kaca ini digunakan pada pembuatan pintu dan jendela.
3.
Kayu dan Plastik
Kayu
dan plastik merupakan bahan yang lambat menghantarkan panas. Dengan kata lain,
kayu dan plastik tergolong isolator. Karena bersifat isolator, maka kayu dan
plastik digunakan untuk membuat pegangan (gagang) payung, gagang setrika,
gagang wajan, tatakan geas, dan tatakan piring. Gagang payung terbuat dari bahan
kayu atau plastik sehingga tidak mudah menghantarkan panas yang berasal dari
sinar matahari. Gagang setrika dan gagang wajan biasanya terbuat dari kayu atau
plastik. Karena terbuat dari bahan isolator, maka gagang sertika dan wajan bisa
kita pegang langsung dengan tangan tanpa melukai. Demikian pula tatakan mangkuk
dan tatakan gelas. Kedua benda ini digunakan untuk mencegah panas berpindah
dari gelas atau mangkuk yang berisi air panas ke meja. Dengan demikian, meja
bisa terhindar dari kerusakan.
Ada beberapa
peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan konduktor dan isolator
sekaligus. Kedua bahan ini dipasang pada benda yang sama. Berikut ini alat
rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator sekaligus :
a.
Setrika
Setrika memiliki bagian yang terbuat dari bahan konduktor
dan isolator. Bahan konduktor yaitu, logam digunakan untuk membuat bagian dasar
dari setrika. Karena terbuat dari bahan konduktor, maka setrika dapat
menghantarkan panas dari sumber panas, misalnya bara api atau listrik, ke
pakaian yang sedang disetrika. Sementara itu, gagang setrika terbuat dari bahan
isolator, yaitu kayu atau plastik. Karena terbuat dari bahan isolator, maka
gagang setrika tidak terasa panas sewaktu kita memegangnya. Dengan demikian,
setrika dapat digunakan dengan aman.
b.
Alat Patri
Alat patri juga memiliki bagian yang terbuat dari
bahan konduktor dan isolator. Alat ini digunakan untuk mematri atau menambal
panci yang bocor. Bahan konduktor digunakan untuk membuat batang alat patri,
sedangkan bahan isolator digunakan untuk membuat gagangnya. Ketika hendak
digunakan ujung batang alat patr mula-mula dipanaskan pada api. Setelah
dipanaskan beberapa lama, alat patri diangkat. Ujung batang yang panas ini
digunakan untuk melelehkan timah yang akan menutup kebocoran pada panci.
c.
Alat Memasak
Pada mulanya semua bagian wajan terbuat dari logam,
terutama alumunium. Ketika memasak atau menggoreng makanan, misalnya nasi
goreng, wajan itu harus dapat diputar-putar. Tentu saja tidak mungkin memutar
wajan yang terbuat dari logam karena sangat panas. Sebenarnya penjual nasi
goreng dapat menggunakan kain yang tebal untuk memegang wajan. Namun, tangan
orang itu tidak akan sanggup menahan panas api kompor berlama-lama. Oleh karena
itu, penjual makanan biasanya menambahkan gagang yang terbuat dari kayu. Dengan
adanya gagang yang cukup panjang, maka sodet dapat memasak dengan nyaman.
Amati juga sudip, yaitu sendok panjang untuk
membolak-balik makanan di wajan. Ujung sudip biasanya dibuat dari isolator
panas. Misalnya, kayu atau plastik tahan panas. Adapun sudip yang seluruh
bagiannya terbuat dari isolator, misalnya sodet (sudip) kayu.
IV.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1. Menyiapkan
secara fisik dan psikis
v Salah
satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdoa bersama
menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v Guru
melakukan persensi siswa.
2.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
appersepsi
v Siswa
diberikan apersepsi dengan bertanya
“Pada saat memasak air pada panci,
apa yang terjadi pada pancinya ?”
“Saat kalian menyetrika baju, apa
yang kalian rasakan saat memegang bajunya ?”
v Guru
menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.
B.
Kegiatan Inti (45 menit)
1.
Eksplorasi
a.
Melibatkan siswa mencari informasi
tentang topik/tema secara luas.
·
Guru melakukan demonstrasi dengan cara
memasukkan sebuah sendok ke dalam segelas air panas, lalu meminta siswa
mengamati apa yang terjadi pada sendok tersebut.
·
Siswa diminta berdiskusi dengan teman
sebangku dan menjelaskan apa yang terjadi pada sendok tersebut.
b.
Menggunakan berbagai pendekatan, media
dan sumber.
·
Bersama teman sebangku, siswa diminta
untuk memperhatikan gambar yang berkaitan dengan benda-benda yang dapat
menghantarkan panas dan yang tidak dapat menghantarkan panas (kompor, korek
api, lilin, lampu, kayu, plastik dll), lalu diadakan tanya jawab tentang
gambar. Misalnya “Benda-benda apa saja
yanng dapat menghantarkan panas ?”
c.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antar peserta didik
dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
·
Guru meminta setiap kelompok pasangan
menyebutkan benda-benda yang tergolong konduktor dan isolator panas serta
menjelaskan penngertian konduktor dan isolator panas.
d.
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
·
Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan
pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang
materi yang kurang dipahami.
2.
Elaborasi
a.
Membiasakan siswa membaca dan menulis
yang beragam.
·
Siswa diminta menuliskan benda-benda
yang tergolong konduktor dan isolator panas serta menjelaskan penngertian
konduktor dan isolator panas.
b.
Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain.
·
Guru membagi kelas kedalam
kelompok–kelompok kecil yang berjumlah 4-5 anggota.
·
Tempat duduk diatur berkelompok agar
siswa lebih leluasa dalam berdiskusi dengan kelompoknya serta tercipta suasana
yang menyenangkan dan tidak kaku.
·
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan kelompok.
c.
Memberi kesempatan berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah.
·
Bersama kelompok, siswa diminta melakukan
percobaan tentang benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan yang tidak
dapat menghantarkan panas serta berdiskusi tentang benda-benda yang bersifat
konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif.
·
Siswa diminta untuk selalu bekerjasama
antar sesama anggota kelompok dalam berdiskusi sesuai dengan tugas yang
diberikan.
e.
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara
sehat.
·
Siswa diminta untuk bersifat sportif,
tidak mengganggu kelompok lain saat berdiskusi dan pengerjaan tugas.
·
Bersama kelompok siswa diminta untuk adu
pendapat (bertukar pikiran) dengan kelompok lain mengenai masalah yang
didiskusikan tanpa saling menjatuhkan.
f.
Memfasilitasi siswa menyajikan hasil
kerja secara individu/kelompok.
·
Setiap kelompok diminta untuk menuliskan
hasil percobaan pada Lembar Kerja Siswa yang telah diberikan oleh guru serta menuliskan
hasil diskusi kelompok dan adu pendapat (bertukar pikiran) dengan kelompok lain
pada selembar kertas.
g.
Memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi baik individu/kelompok.
·
Siswa diminta membuat laporan mengenai benda-benda
yang dapat menghantarkan panas dan yang tidak dapat menghantarkan panas serta
berdiskusi tentang benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam
kehidupan sehari-hari.
h.
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan
yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa agar
bangga dan selalu percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya.
·
Guru memotivasi siswa untuk selalu
percaya diri dan berani dalam mengutarakan pendapatnya.
3.
Konfirmasi
a.
Guru memberikan umpan balik dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
·
Guru memberikan ucapan selamat kepada
kelompok yang hasil diskusi kelompoknya paling benar dan kelompok yang paling
berani dalam mengutarakan pendapatnya dalam adu pendapat dengan kelompok lain,
serta memberikan semangat kepada kelompok lain yang hasil diskusi dan
keberanian dalam mengutarakan pendapatnya kurang maksimal.
b.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi.
· Guru
dan siswa bersama-sama menegaskan dan menyimpulkan tentang pengertian konduktor
dan isolator panas, penggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator,
benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan
panas serta bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan
isolator.
c.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan.
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa,
mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang baik. Lalu
siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga kelompok yang
hasilnya kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran yang berikutnya.
·
Siswa diminta memberi pendapat tentang
proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari
pembelajaran tersebut sehingga guru dapat memperbaiki proses pembelajaran agar
lebih baik lagi.
d.
Memfasilitasi siswa memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami tentang konduktor dan isolator
panas.
·
Guru membantu persoalan/kesulitan yang
dihadapi siswa terutama tentang konduktor dan isolator panas.
·
Siswa diberi motivasi agar tidak pasif,
percaya diri dan berani dalam mengutarakan pendapatnya pada saat kegiatan
belajar mengajar.
C.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Bersama
– sama dengan siswa/sendiri membuat rangkuman
v Guru
bersama–sama dengan siswa membuat rangkuman tentang pengertian konduktor dan
isolator panas, penggolongkan benda yang bersifat konduktor atau isolator,
benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak dapat menghantarkan
panas serta bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan
isolator.
2. Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v Guru
menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
4. Merencanakan
tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas
individu / sesuai hasil belajar siswa
v Bagi
siswa yang belum mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa
yang sudah mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
5. Guru
menginformasikan materi pelajaran pada minggu depan.
V.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
- Buku SAINS Untuk Sekolah Dasar Kelas VI
(Penerbit: Erlangga).
- Lilin
-
Korek api
-
Lidi
-
Kawat
-
Sendok logam
-
Sendok plastik
-
Pensil
-
Ranting kayu
VI.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
dalam proses (pengamatan)
b. Klasikal
Post Test
c. Penugasan
2. Jenis
Tes
a. Unjuk
Kerja
b. Tes
tertulis
3. Bentuk
Tes
Ø
Lembar Kerja Siswa
Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas VI
Judul/Topik : Benda Konduktor dan
Isolator Panas
Tujuan
: 3. Setelah melakukan percobaan tentang siswa
dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dan atau tidak
dapat menghantarkan panas dengan benar.
4. Setelah melakukan percobaan siswa dapat
menyebutkan bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat konduktor dan isolator
dengan benar.
Hari/Tanggal :
Nama :
Langkah
kerja :
·
Lakukan percobaan berikut :
a.
Bahan : Lilin, korek api, lidi, kawat,
sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu.
b.
Cara Kerja : 1) Nyalakan
lilin dengan korek api. Lakukan kegiatan
ini dengan sangat hati-hati.
2) Dekatkan
ujung lidi ke api lilin selama kira-kira 10 detik. Bila tangan mu mulai terasa
panas, singkirkan benda itu dari api.
3) Dekatkan
pula kawat, sendok logam, sendok plastik dan ranting kayu.
4) Catatlah
ke dalam tabel di bawah ini mengenai apa yang kamu rasakan. Bila tangan mu
terasa panas, berilah tanda
pada kolom Panas. Sebaliknya, bila tangan mu tidak terasa panas, berilah tanda
pada kolom Tidak Panas.
No.
|
Benda
|
Panas
|
Tidak Panas
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
UJI
KOMPETENSI
I.
Berilah
tanda silang (c) pada huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang kamu anggap paling benar !
1.
Benda yang tidak
dapat menghantarkan panas dengan baik disebut... .
a.
Isolator
b.
Generator
c.
Konduktor
d.
Reduktor
2.
Perhatikan data
di bawah ini :
1. Sendok
logam
2. Kayu
3. Pisau
4. Plastik
Benda-benda di atas yang bersifat isolator adalah...
.
a.
1 dan 3
b.
1 dan 2
c.
3 dan 4
d.
2 dan 4
3.
Benda-benda yang
tergolong konduktor mudah kita jumpai. Benda berikut yang termasuk konduktor
adalah... .
a.
Wajan
b.
Sendok plastik
c.
Kayu
d.
Kain
4.
Setrika memiliki
bagian yang terbuat dari bahan konduktor
dan isolator. Bahan dasar pada setrika terbuat dari... .
a.
Kayu
b.
Plastik
c.
Logam
d.
Kaca
5.
Pada saat siang
hari tiang bendera yang ada di lapangan upacara akan terasa panas, itu
dikarenakan tiang bendera terbuat dari... .
a.
Logam
b.
Kayu
c.
Plastik
d.
Kaca
6. Sudip adalah sendok panjang untuk membolak-balik
makanan di wajan. Ujung sudip terbuat dari... .
a. Kaca
b. Kayu
c. Logam
d. Marmer
7. Benda-benda yang termasuk isolator mudah kita jumpai
di sekitar kita. Berikut ini benda yang bukan
isolator adalah... .
a. Kaca
b. Gagang setrika
c. Tatakan gelas
d. Tatakan piring
8. Logam merupakan konduktor panas karena dapat
menghantarkan panas. Berikut ini benda yang bahan bakunya terbuat dari logam
adalah... .
a. Cermin
b. Tatakan piring
c. Kursi kayu
d. Wajan
9. Ada beberapa alat rumah tangga yang terbuat dari
bahan konduktor dan isolator sekaligus. Kedua benda ini dipasang pada benda
yang sama. Benda yang menggunakan bahan konduktor dan isolator sekaligus
adalah... .
a. Setrika
b. Kaca
c. Logam
d. Gelas
10.
Perhatikan data
di bawah ini :
1. Baju 4. Buku
2. Paku 5. Wajan
3. Sendok plastik 6. Telenan
Benda-benda di atas yang termasuk konduktor
adalah... .
a.
1-3
b.
2-5
c.
3-6
d.
2-4
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
1.
Benda yang dapat
atau cepat menghantar panas disebut... .
2.
Gagang alat
patri terbuat dari bahan... .
3.
Setrika
merupakan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan...dan... .
4.
Kaca merupakan
bahan yang mudah menghantarkan... .
5.
Ceret merupakan
benda yang terbuat dari... .
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan benar !
1.
Apa yang dimaksud dengan isolator panas
?
Jawab :
2.
Tuliskan kegunaan alat patri !
Jawab :
3.
Sebutkan 3 contoh benda yang bersifat
konduktor !
Jawab :
4.
Apa yang dimaksud dengan konduktor ?
Jawab :
5.
Tuliskan dan jelaskan komponen-komponen
pada setrika !
Jawab :
4.
Kunci Jawaban
a.
Pilihan ganda
1.
a
2.
d
3.
a
4.
c
5.
a
6.
c
7.
a
8.
d
9.
a
10.
b
b. Isian
1. Konduktor
2. Isolator
3. Konduktor dan isolator
4. Panas
5. Logam
c. Uraian
1. Isolator panas adalah benda yang tidak dapat atau
lambat menghantarkan panas.
2. Alat patri digunakan untuk mematri atau menambal
panci yang bocor.
3. Sendok logam, wajan, paku.
4. Konduktor adalah benda yang dapat atau cepat
menghantarkan panas.
5. Bagian dasar setrika terbuat dari bahan konduktor
yaitu logam, sedangkan gagang setrika terbuat dari bahan isolator yaitu kayu
atau plastik.
5. Pedoman penilaian
-Pilihan ganda :
B x 1 = 10
-Isian :
B x 4 = 20
-Uraian :
B x 6 = 30
Nilai : 50 x 2 = 100
VII.
TINDAK LANJUT
a. Perbaikan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang
benar !
1. Sebutkan 5 contoh peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan
isolator dan konduktor sekaligus !
2.
Jelaskan
bagian-bagian yang terbuat dari konduktor dan isolator pada alat patri !
3.
Sebutkan
bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat benda bersifat konduktor dan
isolator !
b. Pengayaan
1. Sebutkan kegunaan tatakan mangkuk dan tatakan gelas
yang diletakkan di atas meja !
2. Sebutkan 5 contoh benda yang bersifat isolator !
3. Mengapa panci dan wajan yang digunakan untuk memasak
terbuat dari logam ?
Salatiga,..................................
Mengetahui
Guru Kelas VI
Noviasih
292010089
LEMBAR PENGAMATAN
BentukPenilaian : Unjuk Kerja
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kompetensi
Dasar : 4.1 Membandingkan sifat
kemampuan menghatarkan panas dari berbagai benda.
Kelas/Semester :
VI / 1
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Keberanian
|
Inisiatif
|
Kerjasama
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang sekali
(skor perolehan:skor
maksimal) x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar