Total Tayangan Laman

Selasa, 27 November 2012

1.      Cermati rumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum Mata Pelajaran PKn SD. Kemudian diskusikan dalam kelompok @ 3-5 orang, apakah SK dan KD tersebut telah memadai/menunjang untuk mencapai tujuan PKn SD/MI, dengan disertai alasannya ! (satu kelompok, satu kelas, lihat halaman 33-38 diktat). Laporkan hasilnya kepada dosen Anda !
Tujuan PKn SD/MI:
a.       Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
b.      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi.
c.       Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
d.      Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi.

Kelas III
Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memadai/menunjang
Alasan
1.      Mengamalkan makna Sumpah Pemuda.
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.

Sudah
Karena, pada materi ini siswa diharapkan mampu berpikir secara kritis untuk mengenal makna dari satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
KD dapat dikaitkan dengan tujuan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi, dapat berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, bertindak secara cerdas dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai pengamalan nilai dari sumpah pemuda, serta memiliki kemampuan untuk berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri.
2.      Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
2.1    Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Sudah

Pada materi ini, siswa diharapkan dapat bertindak secara aktif dengan mampu berinteraksi di lingkungan masyarakat untuk dapat mengenal aturan-aturan yang berlaku
2.2    Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Karena KD dapat dikaitkan dengan berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Siswa juga diharapkan mampu membentuk karakter yang dapat hidup di lingkungan masyarakat.
2.3  Melaksanakan aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Karena KD dapat dikaitkan dengan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi. Contohnya yaitu dengan ikut berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dalam melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
Kelas III
Semester II
3.      Memiliki harga diri sebagai individu.
3.1    Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
Sudah
Pada materi ini, siswa diharapkan mampu untuk dapat berpikir rasional dan kritis dalam mengenal apa itu harga diri dan pentingnya harga diri.
3.2 Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dan lain-lain.
Karena KD dapat dikaitkan dengan berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam memberikan contoh mengenai menghargai diri sendiri dan mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri.
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
Karena KD dapat dikaitkan dengan berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
Selain itu, siswa diharapkan dapat turut berperan menampilkan sikap yang mencerimnkan harga diri.
4.      Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
4.1    Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
Sudah
Pada materi ini, siswa diharapkan untuk berpikir kritis dalam mengenal kekhasan bangsa indonesia dan memiliki kemampuan untuk memahami kekhasan bangsa indonesia secara cerdas.
4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Karena KD dapat dikaitkan dengan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi. Selain itu juga dapat dikaitkan dengan berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
Pada pemberian materi ini siswa diharapkan untuk dapat bersikap bangga sebagai anak indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tersebut adalah standar materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang SD. Oleh karena itu, menurut kelompok Anda apakah ada materi dan kompetensi yang masih perlu ditambahkan disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik ? Berilah alasannya !
Secara umum penjelasan di dalam buku paket sudah dipaparkan sesuai standar kompetensi, sehingga buku tersebut memudahkan untuk belajar siswa. Namun, menurut kelompok kami, ada beberapa materi dan kompetensi yang perlu ditambahkan disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, yaitu:
a.       Mengingat siswa nantinya juga akan bergabung dengan kehidupan bermasyarakat, akan lebih baik jika dilakukan penambahan materi dan kompetensi mengenai peraturan-peraturan daerah dan norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sebelum siswa bergabung dengan kehidupan bermasyarakat, mereka harus mengenal terlebih dahulu mengenai tata tertib kehidupan keluarga. Sehingga diharapkan juga adanya penambahan materi dan kompetensi mengenai tata tertib yang berlaku di kehidupan keluarga. Seperti dijelaskan contoh-contoh tata tertib yang berlaku dalam kehidupan keluarga.
b.      Untuk memperdalam pengetahuan siswa tentang harga diri, sebaiknya juga dilakukan penambahan materi dan kompetensi mengenai harga diri sebagai warga masyarakat. Agar dalam kehidupan bermasyarakat nantinya siswa dapat mengetahui harga dirinya sebagai warga masyarakat. Penambahan materi mengenai harga diri sebagai warga masyarakat akan menjadi bekal para siswa untuk memasuki dunia yang lebih luas, yaitu dunia kemasyarakatan.
3.      Buatlah analisis integrasi pengetahuan/konsep, nilai, dan keterampilan kewarganegaraan dalam bingkai struktur keilmuan PKn seperti tertera dalam tabel berikut, lebih terkait dengan sila ke berapa dalam Pancasila ! (satu kelompok, satu kelas). Kerjakan dalam kelompok Anda ! Kumpulkan hasilnya kepada dosen pengampu !
Pancasila
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.      Persatuan Indonesia.
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Kelas III
Struktur keilmuan PKn
Nilai Pancasila sila ke...
Alasan
Pengetahuan Kewarganegaraan
Nilai-nilai Kewarganegaraan
Keterampilan Kewarganegaraan
Makna Sumpah Pemuda.
Persatuan
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
Sila ke-3
Sila ke-4
Pada Sumpah Pemuda berisi nilai Persatuan yang sesuai dengan bunyi Pancasila sila ke-3. Nilai Persatuan tersebut ditunjukkan pada isi Sumpah Pemuda, yaitu: mengaku bertumpah darah yang satu Tanah Indonesia, mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.
Sedangkan dalam penerapan Sumpah Pemuda mengandung nilai kerja sama, kerukunan, serta demokrasi yang contohnya dapat ditunjukkan dengan melakukan musyawarah membuat keputusan secara mufakat.
Norma yang berlaku di masyarakat.
Ketaatan
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Sila ke-2
Sila ke-5
Aturan yang berlaku dalam masyarakat dibuat dengan memegang teguh keadilan bagi seluruh warga masyarakat. Aturan haruslah ditegakkan secara adil dan beradab bagi seluruh warga masyarakat, tidak memandang status, kedudukan, agama, suku dan ras.
Pengertian harga diri
Harga diri
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
Sila ke-1
Sila ke-2
Dengan harga diri seseorang dapat menghargai diri sendiri dan orang lain. Sesuai dengan ajaran Agama untuk selalu hidup rukun, saling menghormati dan menghargai , serta bersyukur. Selain itu, dalam harga diri juga mengandung nilai kemanusiaan. Dan itu cocok dengan bunyi sila ke-2 Pancasila, “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.
Makna kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Sila ke-3
Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa. Walau demikian, itu bukan menjadi penghalang bagi bangsa Indonesia untuk bersatu. Selain itu, dengan menghargai keberagaman tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yanng berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Hal itu juga sesuai dengan bunyi sila ke-3 Pancasila.

4.      Buatlah analisis integrasi pengetahuan/konsep, nilai, keterampilan kewarganegaraan dalam bingkai struktur keilmuan PKn seperti tertera dalam tabel berikut, berdasarkan jenis-jenis pengetahuan, termasuk fakta, konsep, prosedur atau prinsip ?! Kerjakan dalam kelompok, satu kelompok satu kelas ! Kumpulkan hasilnya kepada dosen pengampu !
Kelas III
Pengetahuan Kewarganegaraan
Jenis Pengetahuan
Alasan
Fakta
Konsep
Prosedur
Prinsip
Makna Sumpah Pemuda



Dalam Sumpah Pemuda mengandung pengetahuan konsep. Yang berupa konsep yaitu mengenai pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, yaitu meliputi isi dari Sumpah Pemuda.
Norma yang berlaku di masyarakat


Dalam norma mengandung fakta dan prinsip, karena dalam kehidupan sehari-hari terdapat berbagai aturan yang mengatur kehidupan manusia, baik tertulis maupun tidak. Selain itu juga norma memiliki posisi penting dalam kehidupan bermasyarakat serta hubungan antar konsep yang dapat menggambarkan implikasi sebab akibat, yang disebut sebagai prinsip. Misalnya: akibat dari melanggar aturan di lingkungan masyarakat.
Pengertian harga diri



Harga diri merupakan konsep, karena pada harga diri termuat definisi tentang harga diri.
Makna kebanggaan sebagai bangsa Indonesia



Dalam pokok bahasan mengenai kebanggan sebagai bangsa Indonesia ini, mengandung konsep. Konsepnya adalah adanya makna kebanggaan yang dimiliki seseorang sebagai bangsa Indonesia.

5.      a.  Rubrik Pensekoran Tingkat Kesesuaian Buku PKn Terpilih dengan Kurikulum PKn SD Tahun 2006
No.
Deskriptor
Kriteria Pensekoran
Alasan
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
Skor 5
1.
Kesesuaian dan Kejelasan kerangka isi buku pelajaran PKn SD/MI.
Skor: 4
Sangat kurang jelas
Kurang jelas
Cukup jelas
Jelas
Sangat jelas
Kesesuaian dan kejelasan kerangka isi buku pelajaran PKn SD/MI jelas, karena sesuai dengan isi buku/materi yang dibahas dalam buku.
2.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran PKn yang telah ditetapkan dalam kurikulum PKn SD/MI tahun 2006.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Penjelasan materi pelajaran pada buku paket sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran PKn yang telah ditetapkan, yaitu dalam ranngka pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
3.
Kesesuaian uraian materi dengan SK dan KD yang terdapat dalam kurikulum PKn SD/MI tahun 2006.
Skor: 5
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Materi pelajaran yang ada pada buku paket sudah sesuai dengan SK dan KD yang terdapat dalam kurikulum Pkn SD/MI tahun 2006.
4.
Persentase jumlah KD yang dijabarkan dalam materi pelajaran.
Skor: 5
1-20%
21-40%
41-60%
61-80%
81-100%
Hampir semua KD sudah dijabarkan dalam materi pelajaran.
5.
Kesesuaian isi buku teks PKn SD/MI dengan
Karakteristik dan struktur keilmuan PKn.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Dalam karakteristik PKn, materi pelajaran sudah mencakup hampir semua konsep, prinsip dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Sedangkan dalam struktur keilmuan PKn, materi pelajaran sudah memenuhi Civics skills (Ketrampilan Kewarganegaraan) dan Civics virtues (Kebajikan Kewarganegaraan).
6.
Keakuratan isi, kemutakhiran isi, kekomprehensifan cakupan isi.
Skor: 3
Sangat kurang akurat, mutakhir dan komprehensif.
Kurang akurat, mutakhir dan komprehensif.
Cukup akurat, mutakhir dan komprehensif.
Akurat, mutakhir dan komprehensif.
Sangat akurat, mutakhir dan komprehensif.
Pada buku paket dalam keakuratan isi, kemutakhiran isi, kekomprehensifan cakupan isi sudah cukup bagus.
7.
Kesesuaian judul bab dengan isi materi dalam tiap-tiap bab.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Judul bab sudah sesuai dengan isi materi yang dijelaskan pada tiap-tiap bab.
8.
Kejelasan petunjuk pada tiap bab.
Skor: 4
Sangat kurang jelas
Kurang jelas
Cukup jelas
Jelas
Sangat jelas
Kejelasan petunjuk pada tiap bab sudah baik. Misalnya pada petunjuk pengerjaan soal.
9.
Kesesuaian antara Indikator Pencapaian Kompetensi dengan KD.
Skor: 1
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Pada buku paket tidak dicantumkan Indikator Pencapaian Kompetensi, sehingga tidak dapat menganalisis kesesuaian antara Indikator Kompetensi dengan KD.
10.
Kesesuaian antara Indikator Pencapaian Kompetensi dengan paparan materi.
Skor: 1
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Pada buku paket tidak dicantumkan Indikator Pencapaian Kompetensi, sehingga tidak dapat menganalisis kesesuaian antara Indikator Pencapaian Kompetensi dengan paparan materi.

11.
Kejelasan konsep-konsep kunci/ pokok dalam materi bahan ajar.
Skor: 4
Sangat kurang jelas
Kurang jelas
Cukup jelas
Jelas
Sangat jelas
Konsep-konsep kunci/pokok dalam materi pelajaran sudah jelas.
12.
Kesesuaian antara ilustrasi dengan materi.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Ilustrasi gambar yang ada pada buku paket sudah sesuai.
13.
Kejelasan contoh-contoh yang diberikan.
Skor: 4
Sangat kurang jelas
Kurang jelas
Cukup jelas
Jelas
Sangat jelas
Dalam penggunaan contoh-contoh pada buku paket jelas dengan materi pelajaran. Contoh-contoh yang digunakan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membantu siswa untuk bisa lebih mudah memahami materi pelajaran.

14.
Kesesuaian antara tes sambil jalan di sela-sela uraian materi dengan uraian materi.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Pemberian soal-soal tes sambil jalan di sela-sela uraian materi dengan uraian materi sudah sesuai. Soal-soal yang diberikan seputar materi yang baru diulas, sehingga soal tersebut dapat membantu siswa untuk memudahkan dalam mempelajari materi pelajaran.

15.
Kesesuaian isi rangkuman dengan materi bahan ajar ybs.
Skor: 1
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Pada buku paket tidak terdapat rangkuman dari materi pelajaran yang dipelajari.
16.
Kesesuaian antara kasus argumentatif dengan materi yang bersangkutan.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai 
Sangat sesuai
Pada buku paket terdapat kasus-kasus argumentatif yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipelajari. Kasus-kasus argumentatif tersebut membantu siswa dalam pemahaman aplikasi/pengamalan nlai-nilai yang terkandung pada materi pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari.
Skor Total: 56
Penilaian:
1.      Skor 61-80 = Sangat sesuai
2.      Skor 46-60 = Sesuai
3.      Skor 31-45 = Cukup sesuai
4.      Skor 16-30 = kurang sesuai
5.      Skor 1-15   = Sangat kurang sesuai
Komentar secara umum tentang kekuatan dan kelemahan Buku PKn SD Kelas III
Terbitan penerbit Erlangga:
Dari jumlah skor penilaian yang diperoleh, didapatkan jumlah skor 56 yang masuk pada kriteria sudah sesuai. Diharapkan skor tersebut tetap dipertahankan atau bahkan meningkat dalam pembuatan/penyusunan buku paket yang berikutnya. Sacara umum kekuatan dan kelemahan buku berdasarkan kurikulum PKn SD/MI tahun 2006 sudah sangat sesuai. Akan lebih baik apabila dalam buku paket tersebut juga dicantumkan tujuan pencapaian pembelajaran pada setiap pokok bahasan/bab, agar dapat dijadikan acuan oleh para siswa dan pendidik dalam proses KBM yang dilakukan.
Kekurangan:
a.       Tidak dicantumkannya Indikator Pencapaian Kompetensi pada setiap bab/pokok bahasan.
b.      Tidak dicantumkannya ringkasan materi dari setiap bab.
Kelebihan:
a.       Materi yang ada dalam buku paket sudah sesuai dengan SK dan KD.
b.      Isi buku sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
c.       Penabaran materi pelajaran sudah jelas.

b.  Rubrik Pensekoran Tingkat Kesesuaian Buku PKn Terpilih dengan Kebutuhan Siswa
No.
Deskriptor
Kriteria Pensekoran
Alasan
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
Skor 5
1.      Kekuatan dalam penyajian buku PKn SD/MI
1.1
Kemenarikan atau kekuatannya dalam menarik perhatian para siswa SD/MI yang masih dalam taraf perkembangan operasional konkrit.
Skor: 4
Sangat kurang menarik dan kurang kuat.
Kurang menarik dan kurang kuat.
Cukup menarik dan kuat.
Menarik dan kuat.
Sangat menarik dan kuat.
Terdapat gambar ilustrasi yang dapat membantu pemahaman siswa pada materi pelajaran. Selain itu juga ada penjelasan mengenai contoh-contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang disertai dengan contoh kejadian atau peristiwanya. Selain gambar ilustrasi, fisik dan layoutnya juga dapat menarik perhatian siswa. Bahasa yang digunakan komunikatif sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk lebih memahami materi pelajaran.
1.2
Sistematika pengorganisasian materi pelajaran sistematis.
Skor: 4
Sangat kurang sistematis
Kurang sistematis
Cukup sistematis
Sistematis
Sangat sistematis
Dalam penyajian materi pelajaran sudah disajikan secara sistematis dan runtut. Apalagi materi-materi pelajaran yang dipelajari merupakan materi pelajaran yang mempunyai hubungan yang bersifat prasyarat. Sehingga dalam penyajiannya harus urut, agar siswa tidak kesulitan dalam mempelajarinya.
1.3
Setiap bab ada petunjuk yang memadai untuk memahami bacaan.
Skor: 4
Sangat kurang memadai
Kurang memadai
Cukup memadai
Memadai
Sangat memadai
Pada setiap bab terdapat petunjuk yang dapat digunakan oleh siswa dalam memahami bacaan yang disajikan. Petunjuk-petunjuk tersebut juga dapat memungkinkan terjadinya interaktivitas siswa.
1.4
Kesesuaian referensinya.
Skor: 3
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai
Sangat sesuai
Referensi yang digunakan sudah cukup sesuai.
1.5
Kemampuannya dalam merangsang pembaca untuk merespon.
Skor: 3
Sangat kurang mampu
Kurang mampu
Cukup mampu
Mampu
Sangat mampu
Penyajian buku paket mampu untuk merangsang siswa. Misalnya, ada beberapa pertanyaan yang dapat memancing siswa dalam merespon materi pelajaran.
1.6
Kemampuannya mengajak siswa untuk berkonsentrasi.
Skor: 3
Sangat kurang mampu
Kurang mampu
Cukup mampu
Mampu
Sangat mampu
Penyajian materi pelajaran menggunakan bahasa yang ringan dan menggunakan banyak ilustrasi, sehingga mampu membantu meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
1.7
Pengaturan gaya tampilan.
Skor: 4
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Pengaturan gaya tampilan buku paket bagus. Pengaturan penulisan dan penyisipan gambar rapi dan kreatif.
1.8
Penekanan, ukuran, dan warna.
Skor: 2
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Penekanan pada materi yang penting belum menonjol. Serta pemakaian warna pada buku paket kurang maksimal. Pada bagian awal, warna jelas, terang dan berwarna. Namun, pada materi-materi di halaman belakang tidak berwarna cerah dan hanya berwarna hitam putih. Penampilan yang berwarna menarik dimaksudkan untuk membuat siswa lebih tertarik untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran.
1.9
Petepatan penggunaan bahasa yang meliputi kosa kata, struktur kalimat, gaya penulisan dan tingkat kesulitannya.
Skor: 4
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Penggunaan bahasa yang meliputi kosa kata, struktur kalimat, gaya penulisan dan tingkat kesulitannya tepat untuk siswa. Bahasa yang digunakan komunikatif, lugas dan jelas, sehingga mudah dipahami oleh siswa, dan ditulis dengan gaya yang tepat, tidak mengandung kata atau kalimat yang menduaarti dan tidak jelas maksudnya.
2.      Kemenarikan ilustrasi
2.1
Kesesuaian ilustrasi yang dipilih dengan karakteristik siswa SD/MI.
Skor: 4
Sangat kurang sesuai
Kurang sesuai
Cukup sesuai
Sesuai
Sangat sesuai
Ilustrasi yang ada dalam buku paket, sesuai dengan karakteristik siswa yang masih dalam tahap operasional konkrit. Ilustrasi yang diberikan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, seperti contoh-contoh pengamalan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilustrasi yang diberikan dapat menggambarkan dengan jelas tentang materi pelajaran. Dengan kata lain, ilustrasi yang diberikan dapat mengkonkritkan materi pelajaran sehingga dapat membuat siswa lebih bisa memahami isi materi.
2.2
Kejelasan dan keterkaitan dengan teks.
Skor: 3
Sangat kurang jelas
Kurang jelas
Cukup jelas
Jelas
Sangat jelas
Kejelasan dan keterkaitan dengan teks sudah cukup jelas. Namun hanya beberapa ilustrasi gambar yang berwarna (Hanya pada bab 1). Sedangkan ilustrasi gambar pada akhir, ilustrasi gambar yang diberikan berwarna hitam putih. Akan lebih baik jika ilustrasi gambar yang diberikan berwarna, agar lebih jelas. Karena ada beberapa ilustrasi gambar yang tidak jelas. Seperti contoh, dalam pembahasan kekayaan alam bangsa Indonesia. Gambar-gambar yang diberikan akan lebih jelas apabila diberi warna yang menarik.
Selain itu, ada beberapa sub materi yang tidak dilengkapi oleh gambar. Akan lebih baik jika pada setiap sub materi diberi gambar yang sesuai.
2.3
Penempatan, pemberian keterangan.
Skor: 4
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Penempatan, pemberian keterangan gambar sudah baik. Penempatan gambar sudah cukup tepat dalam memberikan gambaran mengenai materi yang sedang dipelajari. Selain itu, pemberian keterangan gambar juga sudah jelas. Keterangan gambar diletakkan di bagian bawah gambar, sehingga siswa mudah untuk memahami gambar.
2.4
Kecakupan ukuran detil dan fokus.
Skor: 3
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Kacakupan ukuran detil dan fokus sudah baik, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Namun ada beberapa gambar yang merupakan penggabungan dari beberapa gambar yang dijadikan satu. Seperti contoh pada halaman 77 dan 78. Penggabungan gambar yang terlalu banyak dapat mengakibatkan siswa rancu dalam memahami ilustrasi yang diberikan.
2.5
Tampilan ilustrasi seimbang dan serasi.
Skor: 4
Sangat kurang seimbang dan serasi
Kurang seimbang dan serasi
Cukup seimbang dan serasi
Seimbang dan serasi
Sangat seimbang dan serasi
Ilustrasi yang ditampilkan sudah seimbang dan serasi.

3.      Unsur pelengkap buku
3.1
Buku dilengkapi petunjuk untuk guru pada setiap aktivitas.
Skor: 1
1-20%
21-40%
41-60%
61-80%
81-100%
Setiap aktivitas tidak dilengkapi dengan petunjuk untuk guru.
3.2
Buku dilengkapi lembar aktivitas dan soal tes pada setiap bab.
Skor: 5
1-20%
21-40%
41-60%
61-80%
81-100%
Pada setiap bab sudah dilengkapi dengan lembar aktivitas dan soal tes.
4.      Kualitas fisik buku PKn SD/MI
4.1
Mutu cetakan bagus/tidak “bloor”.
Skor: 5
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Mutu cetakan bagus/tidak “bloor”.
4.2
Jenis dan ukuran huruf standar buku teks font Arial 18 pt untuk kelas rendah (kelas I, II, dan III), serta Arial 12 pt untuk kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI).
Skor: 1
Sangat kurang standar
Kurang standar
Cukup standar
Standar
Sangat standar
Buku paket yang dianalisis adalah buku paket kelas III. Pada buku paket tidak menggunakan jenis dan ukuran huruf standar buku teks font Arial 18 pt untuk kelas rendah (kelas I, II, dan III). Penulisan pada buku paket menggunakan jenis dan ukuran huruf font Century Gothic 12 pt. Contoh penulisan dengan jenis dan ukuran huruf Century Gothic 12 pt, yaitu pada”. Sedangkan contoh penulisan dengan jenis dan ukuran huruf standar buku teks font Arial 18 pt, yaitu “pada”.

4.3
Mutu kertas bagus.
Skor: 2
Sangat kurang bagus
Kurang bagus
Cukup bagus
Bagus
Sangat bagus
Kertas yang digunakan dalam buku paket tipis.
4.4
Penjilidan rapi dan kuat.
Skor: 4
Sangat kurang rapi dan kurang kuat
Kurang rapi dan kurang kuat
Cukup rapi dan kuat
Rapi dan kuat
Sangat rapi dan kuat
Penjilidan buku paket rapi dan kuat.
Skor Total: 67
Penilaian:
1.      Skor 81-100 = Sangat sesuai
2.      Skor 61-80  = Sesuai
3.      Skor 41-60  = Cukup sesuai
4.      Skor 21-40  = Kurang sesuai
5.      Skor 1-20   = Sangat kurang sesuai
Komentar secara umum tentang kekuatan dan kelemahan Buku PKn SD Kelas III
Terbitan Penerbit Erlangga:
Dari hasil jumlah penskoran didapatkan hasil skor 67 dan masuk pada kriteria sesuai. Sehingga dapat dijelaskan bahwa tingkat kesesuaian buku paket PKn dengan kebutuhan siswa sudah sesuai. Akan lebih baik apabila penyajian materi dilakukan secara konsisten, seperti contohnya dalam pemakaian warna. Jika penyajian materi dibuat menarik dengan pemberian warna yang cerah  maka dari awal sampai akhir tetap menggunakan warna yang cerah. Jangan hanya sebagian saja yang berwarna cerah dan sebagian lagi tidak. Mengingat karakteristik siswa masih dalam tahap operasional konkrit, penerbit juga harus memperhatikan masalah penampilan buku agar merangsang siswa untuk lebih tertarik dalam membaca dan mempelajari materi pelajaran yang disajikan dalam buku paket. Selain itu, format penulisan buku tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan juga kertas yang digunakan dalam pembuatan buku tipis, sehingga dapat memungkinkan untuk gampang robek serta tulisan dan ilustrasi pada halaman sesudah/sebelumnya tembus yang dapat menyebabkan siswa rancu dalam membaca dan mepelajari materi.
Walaupun begitu buku paket sudah sangat menarik, sehingga dapat membuat siswa untuk terpacu untuk membaca dan mempelajari materi. Terdapat gambar ilustrasi yang dapat membantu pemahaman siswa pada materi pelajaran. Selain itu juga ada penjelasan mengenai contoh-contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang disertai dengan contoh kejadian atau peristiwanya. Selain gambar ilustrasi, fisik dan layoutnya juga dapat menarik perhatian siswa. Bahasa yang digunakan komunikatif sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk lebih memahami materi pelajaran.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar